Resep Sedap

Resep Masakan Indonesia dan Resep Masakan Mancanegara

Inisiatif Dinas Kesehatan Kota Denpasar dalam Sosialisasi dan Implementasi Vaksinasi Demam Berdarah Dengue

resepsedap.com – Dinas Kesehatan Kota Denpasar sedang mempersiapkan program sosialisasi yang bertujuan untuk mengimplementasikan vaksinasi demam berdarah dengue (DBD) guna mengurangi penyebaran penyakit yang ditransmisikan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Persiapan Program Sosialisasi

Anak Agung Ayu Agung Candrawati, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar, menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima instruksi dari Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk melaksanakan sosialisasi tentang vaksin DBD. “Detail teknis pelaksanaan vaksinasi akan segera dibahas,” ujarnya dalam sebuah pernyataan pada tanggal 6 Juni 2024.

Validasi dan Pengesahan Vaksin

Vaksin DBD yang akan digunakan telah mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan telah disahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Rencana pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan perwakilan pemerintah pusat akan dilakukan untuk membahas regulasi vaksinasi ini,” tambah Candrawati. Pertemuan tersebut juga akan melibatkan IDAI dan organisasi profesional lainnya untuk membahas efektivitas vaksin.

Durasi Perlindungan Vaksin dan Ketersediaan

Informasi awal menunjukkan bahwa vaksinasi DBD dapat memberikan perlindungan hingga lima tahun. Meskipun belum ada program resmi pemerintah untuk vaksinasi DBD, beberapa rumah sakit swasta di Denpasar sudah menawarkan vaksin ini. “Vaksin diberikan dalam dua tahapan, dengan dosis kedua diberikan tiga bulan setelah dosis pertama. Ini adalah pilihan yang tersedia bagi masyarakat yang bersedia membayar,” jelas Candrawati. Vaksin tersedia untuk individu berusia 6 hingga 45 tahun.

Potensi Impact Vaksinasi

Dengan adanya vaksinasi ini, diharapkan dapat mengurangi insiden DBD di Denpasar, yang telah mencatat 862 kasus dari Januari hingga Mei 2024, dengan enam korban meninggal dunia.

Tentang Vaksin DBD

Jenis vaksin DBD yang akan digunakan di Denpasar belum diumumkan secara resmi. Namun, salah satu jenis vaksin yang telah tersedia di Indonesia adalah vaksin tetravalent dengue (TDV), yang mengandung virus dengue yang telah dilemahkan untuk merangsang sistem imun dalam memproduksi antibodi.

BACA JUGA RESEP:  Jude Bellingham Raih Kemenangan Liga Champions Bersama Real Madrid di Musim Perdana

Dinas Kesehatan Kota Denpasar berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi dan pelaksanaan vaksinasi, sebagai langkah strategis dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue.

Share: Facebook Twitter Linkedin